Sunday, February 17, 2008

Hal-hal yang tak Ramah Lingkungan di Kos

13 Februari 2008

Filter rokok. Filter rokok terbuat dari bahan yang susah untuk diurai, kecuali dibakar dulu dan menjadi karbon. Anak-anak di kosku kebanyakan perokok, Alhamdulillah saya ngga merokok. Banyak filter rokok berserakan dan berakhir di pekarangan samping kos dan mungkin ngga terbakar.

Koran dan majalah
. Koran banyak juga di sini, dan majalah saya udah banyak selemari, hehe!! Kalau majalah berumur lama kali. Tapi koran yangmenumpuk dan habis itu dibuang dan dibakar maka selesailah. Tapi sebenarnya kan kertasnya bisa didaur ulang.

Plastik
. Banyak sekali plastik di lemari saya. Aku bukannya kolektor, tapi malah menumpuk gitu setelah berbelanja. Niatnya kan menggunakan kembali kantong plastik tersebut, tapi malah menumpuk dan terpaksa sebagian dibuang di tempat sampah. Tahu sendiri kan plastik tak dapat diurai. Dan belum pernah denger tentang daur ulang kantong plastik. Plastik jenis lain sudah bisa didaur ulang.

Monitor CRT
. Monitor jenis ini menghisap daya listrik lebih besar dari pada layar LCD. Ini merupakan pemborosan terselubung dan tak ramah lingkungan pasalnya PLN-nya banyak menghabiskan bahan bakar minyak. PLTA tak dapat memenuhi kebutuhan listrik yang banyak. Lebih baik pakai monitor LCD, tapi konsekuensi harganya lebih mahal. Komputer itu sendiri sangat diperlukan dan kadang ada anak yang meninggalkan komputer menyala ketika pergi lama, ini boros juga. Setidaknya pemakaian monitor LCD lebih ramah lingkungan.

Air
. Maksudnya adalah seringkali bak mandi ditinggal dan lupa airnya luber. Ini merupakan pemborosan listrik seperti tadi.

Laundry
. Kebiasan naruh baju kotor ke tempat laundry juga menambah konsumsi listrik secara umum. Jika dibandingkan dengan zaman sebelum ada rental mesin juga maka dalam sebulan konsumsi litrik untuk mesin cuci tak ada, karena mahasiswa pada nyuci sendiri. Dalam keadaan tak sibuk lebih baik kita mencuci sendiri pakaiannya. Kalau lagi sibuk ya taruh aja ke laundry karena waktu begitu berharga.

Motor
. Ngga ada yang bawa sepeda kayuh di kosku. Semuanya bawa motor sendiri untuk keperluan pergi ke kampus, warung, jalan-jalan bareng pacar dan sebagainya. Kendaraan bermotor sangat menghemat tenaga manusia karena kita bisa menempuh jarak yang jauh dengan singkat dan tanpa mengeluarkan keringat. Kehadiran sepeda motor sangat mempengaruhi lingkungan kita, karena bisa menambah emisi karbon di bumi, dan bahan bakarpun semakin menipis. Anjurannya adalah gunakan motor seperlunya saja dan kalau bisa berboncengan untuk menghemat.

Tisu
. Kehadiran tisu sangat membantu kita dalam menjaga kebersihan diri. Misalnya untuk mengelap ingus, tangan, itu, anu, dll hehe… tapi kenyataannya tisu hanya bisa dipakai sekali saja habis itu dibuang. Solusinya ya dihemat lagi, pakai seperlunya dan jangan terlalu jorok lah. Di samping itu juga pakailah sapu tangan, karena ini bisa dicuci dan digunakan kembali. Dengan berkurangnya konsumsi tisu maka diharapkan akan sedikit pohon yang tumbang.

Cotton butt
. Batang cotton butt terbuat dari plastik dan pasti akan terbuang begitu saja di tempat sampah. Hal ini tak dapat dihindari oleh kita. Apa ada ya cotton butt berbatang kayu? Anyway cotton butt masih normal menurut saya, hehe…

Botol plastik
. Botol plastik pengemas minuman, sampo, dll kadang berakhir di tampat sampah dan Cuma dibakar. Sebenarnya ada solusi yang lebih baik yaitu serahkan saja kepada tukang rongsok. Diberikan secara cuma-cuma atau dijual berapalah terserah. Kalau botol beling masih bisa dipakai lagi kan… lagian jumlahnya lebih sedikit dibanding dengan botol plastik.
Apa lagi ya?

4:10 pm

Soundtrack: Leama and Moor – Shade of Red

Jurnal Pengerjaan Tugas Akhir bagian 13

3 Februari 2008

Aku habis ngedit bab I dan II. Yeah daripada aku mencoba menghubungi mbak Taty dan berulangkali namun tak diangkat, lebih baik ya aku ngedit ketikan lah… kalau gitu aku nanti tinggal menyelesaikan bab III-nya. Yeah, sambil menunggu pengujian yang paling akhir nanti hari rabu. Anyway tadi aku banyak melakukan aksi delete masal, hehe. Yang pengelasan dan tegangan sisa aku buang. Sekarang jadi semakin ringkas deh. Aku mau tidur aja nih udah hampir jam 11. Entahlah akhir-akhir ini aku udah ngantuk sebelum jam 12, walau bisa tertidurnya jam 12 atau lewat. Yah kan berebah dulu biar rileks.

10:56 pm

Soundtrack: Markus Schulz feat. Dauby – Perfect

11 Februari 2008

Hari ini saya sudah melukan penelitian yang final, namun nampaknya ada kekurangan. Kekurangan tersebut adalah pengujian kekerasan daerah penampang raw material tidak dilakukan. Tapi entahlah apakah nati perlu dilakukan pengujian lagi. Nanti saya konsultasi ke dosen dulu. Yeah, sekarang aku mau tidur aja udah capek.

11:31 pm

Soundtrack: Spor – Ignition

12 Februari 2008

Tadi pagi aku afdruk foto di Fuji depan Hukum. Yah jadinya besok dan tak apa lah…. Dan anyway ketika aku mau ambil print out KRS, terlihat rame di TU Mesin. Mendingan cabut dan pilih besok aja supaya ngga uyel-uyelan. Apa lagi yah? Oh, hasil dari penelitian kemarin belum aku hitung/masukkan ke dalam bab perhitungan. Belum sempat tadi. Sempat ke pak Narso nganter Hendrik bayar uang kos. Sekarang mau tidur aja.

11:46 pm

Soundtrack: Katch22 – Drum n Bass Mix minute 36

14 Februari 2008

Baru hari ini aku sempat untuk memasukkan data hasil penelitian. Dari kemarin hari selasa hingga rabu belum sempat. Anyway aku belum scan foto struktur mikro. Nanti deh pergi ke tempat Henri, atau dipinjam saja scanner-nya. Soalnya komputernya lagi terinfeksi virus. Hari ini sengaja aku ngga ke kampus untuk konsentrasi edit bab iii dan iv. Tapi nanti jam 1 – 2-an aku mau ke perpus balikin buku dan siap membayar denda keterlambatan, hehe…

11:38 am

Soundtrack: Björk РDull Flame of Desire

15 Februari 2008

Aku habis nonton tv selama 1 – 2 jam setelah capek ngetik dan ngitung hasil pengujian metalurgi di UGM Jogja. Ngga Cuma ngitung aja, aku bikin grafik pula. Untunglah aku bisa menggunakan perangkat lembar kerja. Dan produk dari Microsoft sangatlah canggih. Dibandingkan dengan program office yang lain, MS Office adalah yang terbaik.

4:47 pm

Soundtrack: Paul van Dyk feat. Rea – Let Go

Sunday, February 10, 2008

Jurnal Pengerjaan Tugas Akhir bagian 12

17 Januari 2008

Tadi jam satu lewat aku ke perpus balikin buku dan pinjam lagi. Habis itu ya langsung balik lagi, tapi baca-baca koran dulu. Damn, gerah nih, padahal lagi hujan gerimis. Ya tadi sempat dingin juga sih pas tidur sore-sore. Habis makan juga sih, jadinya sumuk. Ya udah bentar lagi mandi aja biar seger.

6:58 pm

Soundtrack: Radiohead – 15 Step

21 Januari 2008

Yeah tadi habis konsultasi bareng Irawan. So far I know that everything might appear in the process of research. What I don’t know is the pressure value for Vickers hardness test. Yes at that time Irawan asked about it and Mr. Pram answered 0.5 (kg) for both aluminum and brass. But tomorrow I will consult to Mr. Agung for more info, because Mr. Pram doesn’t seem like the student asking too much question. Yes if the student is already asking. Generally people don’t like other who asked something without knowing it first. Or do you already read this? Or if you read this first then you’ll know. Or might be, please don’t ask about it again, and please try to open your book, then you’ll know. Or if someone is given a problem then asked to resolve it, so you must obtain the way to resolve it. It doesn’t mean that you can’t consult to your lecturer, but not the answer for sure. You know bla bla bla… let us think first before doing something.

Yeah I know it’s a team work. Someone must tolerate other opinion. And be ready to take a risk if others opinion is failed. So someone let the wrong opinion go and let them feel the mistake. There’s no leader so it could be happen like this. But who is the leader?

1:33 pm

Soundtrack: Markus Schulz vs. Chakra – I Am

22 Januari 2008

Tadi aku ke kampus, biasa konsultasi dan aku tanya-tanya sedikit. Dasar bodoh aku ya? Yeah nanti tinggal ke UGM lagi lah pengujian, parameter lain menentukan sendiri lah. Aku nanti tinggal cari buku standarnya/handbook-nya. Ya semacam ASTM or JIS. Those are rare books, dammit!!! Where to find? UNS maybe…

12:39 pm

Soundtrack: Aly & Fila pres. A & F Project – Ankh (Breath of Life) (Amex Remix)

25 Januari 2008

Tadi siang aku konsultasi ke pak Agung dan ini cukup melegakan diriku walau haru menunda lagi untuk melakukan pengujian karena dia butuh suatu yang benar-benar ilmiah. Yeah I have to wait that. Lagian pak Agung enak untuk berkomunikasi dengan diriku. Kalau pak Pram sih not so easy but he wants things be easier, hehe…

12:09 am

Soundtrack: Aly & Fila – Ankh (Carl B Remix)

26 Januari 2008

Aku baru aja ke rumah pak Agung untuk konsultasi dan dikasih lihat rumus tenperatur untuk heat treatment. Bukunya baru, copyrighted in 2007 gitu, kan up to date. Ya lumayan dapat pencerahan. Damn, I fell so stupid. Ok-ok… yeah di sana aku keringatan melulu, soalnya perut saya tadi mules, dan sekarang udah BAB. Padahal orang-orang di situ ngga pada keringatan.

12:59 pm

Soundtrack: none

29 Januari 2008

Pagi ini sejuk namun ngga begitu dingin. Dan di luar masih kelihatan mendung. Kemudian rencana saya pagi ini ke Jogja jadi tertunda karena pak Lilik belum membalas sms-ku. Padahal aku sms dari kemarin. Entahlah mungkin dia lagi ngga punya pulsa, perlu membuka dokumen saya terlebih dahulu, atau lupa itu bisa saja terjadi. Aku pengennya sih bicara langsung ke orangnya di UGM. Berhubung aku ngga sendirian, aku ngga bisa seenak sendiri.

7:44 am

Soundtrack: T-ak – What I’m Talking About

30 Januari 2008

Tadi aku ke Jogja lagi melakukan pengujian kekerasan dan anneal. Tapi semuanya ngga bisa selesai satu hari lah, tau sendiri anneal itu mendiamkannya sampai sehari. Besok baru boleh dibuka tungkunya. Ya sekarang aku jadi tau gimana mengukur kekerasan suatu benda dengan menggunakan metode kekerasan Vickers. Aku ke Jogja lagi nanti rabu depan sekalian melakukan pengujian tarik dan struktur mikro untuk benda yang dianil.

9:20 pm

Soundtrack: Pentagon vs. T-ak – Syntax