Tuesday, June 19, 2007

Jurnal Pengerjaan Tugas Tooling Design bagian 1

Ini adalah jurnal punyaku ketika sedang mengerjakan tugas tooling design. Saya bagi menjadi tiga bagian karena tugas sedang berjalan dan belum selesai.

31 Mei 2007


Daftar remidi tugas Tooling Design ke pak Sartono. Siangnya ketemu pak Tri Tjahjono di ruang TPSDP minta soal. Aku dapat tugas untuk merencanakan alat untuk membengkokkan pipa berdiameter 1 inchi. Kemudian aku main ke lab ketemu Khamim dan lihat-lihat bendanya.

6:49 pm
Soundtrack: Break – Yes

2 Juni 2007

Tadi jam 10-an aku ke perpus teknik nyari-nyari referensi. Dan juga lihat-lihat hasil pengerjaan rekan yang lain. Aku harus bikin yang lebih bagus dari punya mereka. Anyway banyak juga buku tekniknya. Dan bukunya tebel-tebel lagi, pokoknya berat deh. Handbook-nya kebanyakan pakai bahasa Inggris, dan ada satu (mungkin lebih) yang pakai bahasa Jerman. Boro-boro bahasa Jerman bahasa Inggris aja anak-anak pada kesusahan. Tapi lumayanlah banyak yang ngerti bahasa Inggris juga. Kalau ngga ya bakal ngga ngerti apa isi buku pegangannya.

12:21 pm
Soundtrack: DJ Patife – Overjoyed (Makoto Remix)

Menyelesaikan pengerjaan Bab I walau mungkin nanti akan terjadi revisi di sana-sini. Ya udah take a break dulu. Habis ini aku mau keluar sekalian beli majalah buat di baca di malam minggu ini, karena aku tidak memungkinkan main ke tempat cewe. Just relax and concentrate to this task nothing else. But if there is any necessity I will do other things.

3:40 pm
Soundtrack: Fracture and Neptune – Ventura

4 Juni 2007

Aku ke perpus balikin buku dan ke ruang internet selama satu jam. Terus naik ke bagian sirkulasi nyari-nyari buku. Eh di antara rak buku aku ketemu ma mantan gebetan, udah gebetan, mantan lagi, apa sih? Ya udah aku ngobrol bentar dan terus mencari bukunya masing-masing. Yeah aku nyari buku tentang pipa dan harus memperhatikan ini proses pembuatan atau sistem plumbing. Jadi beda antara pipa plumbing dan proses manufaktur. Dan akhirnya aku pinjam dua buku yaitu tentang profil baja konstruksi dan pipa.

11:33 am
Soundtrack: Redeyes – What You Gave Up

5 Juni 2007

Tadi jam 1 lewat hampir setengah dua aku konsultasi tugas. Dan sketsa cuma dilihat doank. Kemudian lanjut Bab I, dan ada yang banyak harus dibetulkan. Konsentrasinya pada ketepatan penggunaan kalimat. Dan ada yang harus ditambahkan tentang pengetahuan pipa pada Bab I. Yaitu cuma lagi Bab I doank. So nanti akunya harus lihat banyak buku yang menyarinya. Kalau menurutku sih Bab II rumus-rumus aja biar singkat, tapi dia menghendaki Teori Dasar. Ya udah aku nurut aja.

5:50 pm
Soundtrack: Icicle – That Tune

6 Juni 2007

Tadi siang aku ke perpus cari buku tentang proses manufaktur. Dan aku pinjam buku yang tebel itu, wah berat banget. Pinjamnya satu aja, walau udah pinjam dua kemarin, jadinya tiga eksemplar dipinjam aku. Terus aku ke warnet deh nyari gambar di internet. Dari pada aku scan, kan ngga punya scanner. Tapi nyari gambar yang lebih relevan itu ya susah. Ya udah pokoknya nyari aja dulu. Capek deh..

9:56 pm
Soundtrack: Atlantic Connection – Brand New Colony

7 Juni 2007

Aku baru aja mengerjakan Bab II. Bab ini membahas pengelasan, alat-alat yang berkaitan dengan pipa, rumus dan gambar. Tapi aku belum memasukkan gambar dan beberapa rumus standar. Rumus standar di sini maksunya tentang distribusi gaya. Anyway I’m so hungry right now. So I have to find food outside. Dan suasana sore ini mendung.

3:58 pm
Soundtrack: M.J. – Human Nature (Makoto Remix)

Aku baru aja menambahkan sesuatu ke dalam Bab II seperti tambahan gambar dan perhitungan gaya-gaya. Masih banyak yang harus dimasukkan, terutama gambarnya. Nanti lihat hasilnya apakah dosen menyetujuinya. Aku sih tinggal konsultasi. Tapi besok pagi aku mau ke warnet cari gambar lagi, pagi-pagi loh. So I have to sleep right now.

10:06 pm
Soundtrack: All Saints – Not Eazy

8 Juni 2007

Tadi aku habis dari warnet. Wah cepet banget nih pagi ini, lumayan lah… tadi aku ke warnetnya jam 5:30am. Tadi kecepatannya sampai 43 kbps dan rata-ratanya 30 kbps. Jadi aku download file ukuran 108 MB Cuma satu jam doank. Sebenarnya aku lebih ke mencari gambar peralatan tentang pipa aja. Dan lain-lainnya adalah kegiatan standar berinternet. Habis itu aku pergi sarapan aja.

10:09 am
Soundtrack: Kubiks & Lomax – Wise Words

Baru aja nih nambahin gambar ke Bab II, masih kurang banyak. Belum nemu yang namanya flens, o’let, dll. Ya ini kayaknya mau cari gambar lagi deh. Tapi aku mau makan dulu. Makan bubur kacang ijo ah. Bosen makan nasi terus. Tadi sih udah makan roti 2 potong, lumayan lah buat ganjal perut. Tapi dasar orang jawa kalau belum makan nasi belum sreg, biarin..

3:07 pm
Soundtrack: Pariah – Sub Zero

9 Juni 2007

Kemarin sore aku mencari gambar lagi dan belum selesai juga gara-gara kecepatan yang ga bagus. Dan hasil pencarian yang tak relevan tidak menghasilkan pencarian yang bagus. Dan habis itu saya tidak bisa menggarap tugas karena badan terasa tak enak dan pengennya tidur aja. Aku pun terbangun jam 12:30 am. Lalu aku ikut ronda bersama masyarakat.

8:19 am

Aku baru aja melengkapi Bab II tapi apakah jam segini pantas untuk konsultasi dan datang ke kampus secara ini adalah hari sabtu. Dosen-dosen pada pulang pastinya, tapi apakah pak Tri Tjahjono ada? Apakah aku harus menunggu sampai hari senin? Hm, mendingan aku membenahi gambar sketsa dan mulai mengerjakan Bab III. Mungkin ini akan lebih baik. Walau nanti masih terdapat banyak kesalahan, nantinya kan bisa dibetulkan.

1:58 pm
Soundtrack: Muse – Bliss

11 Juni 2007

Tadi aku habis konsultasi dan masih salah. Tapi sekarang udah sampai Bab II. Ya aku harus pergi ke perpus lagi besok. Perpus teknik ya. Anyway dari kemarin Solo cerah tapi dingin soalnya angin kencang pula. Takutnya aku terserang penyakit. Sekarang aku lagi bikin kopi. Aku habis istirahat dengan cara membuat gaya grafitasi menjadi nol (atau mendekati nol). Caranya mudah: tiduran aja.

5:13 pm
Soundtrack: Prolific – All Night

12 Juni 2007

Tadi aku ke perpus teknik lihat garapan temen yang pembimbingnya pak Tri Tjahjono. Ya supaya aku bisa menyesuaikan bab I dan II-nya – dalam bentuknya. Dan memang karena aku disuruh lihat di perpus gitu tentang hal ini. Dari perpus aku ketika berjalan kea rah parkiran ketemu ma Henri teman saya. Dia baru aja nyelesain Tooling Design bimbingan pak Boy. Good luck my friend. Dan moga aja pak Boy sehat selalu.

4:13 pm
Soundtrack: Future Engineers – Equilibrium

Bab I udah aku betulkan dan tinggal membetulkan bab II. Tapi aku harus pinjam buku dulu di perpus besok. Jadinya rencana besok aku akan pergi ke perpus balikin buku dan pinjam buku lagi dan lagi. Jadi intinya adalah karakter tiap orang itu beda. Karakter dosen satu dan lain juga beda. Contohnya pak Agus Hariyanto berpendapat kalau bab II tuh isinya rumus-rumus aja. Sedangkan pak Tri Tjahjono berpendapat bahwa bab II isinya teori dasar.

7:50 pm
Soundtrack: DJ Patife – Overjoyed (Makoto Remix)

13 Juni 2007

Tadi aku jam setengah dua ke perpus balikin buku dan pinjam lagi. Jumlahnya tiga dan cukup berat. Membawanya harus menggunakan tas punggung supaya mudah. Sebelum itu aku pergi ke LC untuk daftar tes TOEFL. Yeah mumpung ada kesempatan sih, jadinya aku ikutan deh. Oh my god, what’s next? I don’t know, may be go to sleep. Good night.

10:43 pm
Soundtrack: Silverchair – Straight Lines

14 Juni 2007

Aku habis membenahi bab II. Ada tegangan dan regangan, momen, metalurgi, fisika, dan elemen mesin I. Tapi nanti perlu ditambahi lagi di bidang fisika dasarnya seperti kesimbangan benda tegar dan hukum-hukum Newton. Sekarang udah jam 5 dan aku harus istirahat lalu mandi. Nanti malam dilanjut lagi. Met sore.

5:02 pm
Soundtrack: Fracture and Neptune – Ventura

Yeah aku udah menyelesaikan bab II, dan mudah-mudahan udah bener. Sekarang aku mau mandi dan pergi makan lalu main ke tempat Zulfa to burn CD, haha. Mau burn software AutoCAD 2006 nih. Soalnya nanti kalau aku pulang bisa kerjain tugasnya di rumah. Nanti akhir bulan ini aku mau pulang ke rumah. Oh yeah..

7:57 pm
Soundtrack: Armin van Buuren – Armin Only – The Next Level 2005 part 03 minute 21

15 Juni 2007

Aku tadi habis konsultasi, bab II dah clear dan sekarang tinggal mengerjakan bab III, analisa perhitungan. This will be the hardest chapter. Full of calculation and decision. Considering which is suitable and not suitable. And I will be busy with AutoCAD. Oh my god I’m hungry, can I eat right now? Give me the money first. ?

3:07 pm
Soundtrack: Sultan & Ned – Together We Rise

No comments: